KISAH KLASIK: MENGGANTI NAMA DAN URL BLOG/WEBSITE

Review http://kkcc-page.blogspot.com on alexa.com
Belajar dari penyesalan di Usia dini

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjUNHr2yvq3wE93Ft-dyCx1t3d6paZgixPGG3zJLd_pu6YdrNrW5knzc0HFjWiabDyYdYDRpTly0qCAxXHKf07gtVI7dXwpx4wQkebBEIjIJtnishhu1hz9PB7sde3_IV6NDoLc66vsyDOj/s1600/56744mw8wxhws02.jpgKKCc Page, Nampaknya kalimat pembuka di ataslah yang lebih cocok untuk dijadikan judul artikel ini.
Terkadang admin sebuah blog/website dengan alasan-alasan tertentu harus mengganti URL dan blog/website name yang dikelolanya. Yah, inilah yang dilakukan oleh Admin blog KKCc beberapa hari yang lalu. 

Awalnya URL blog ini adalah http://klik-kcclub.blogspot.com, dengan title “KKCc MTsN Tinambung Blog”. Namun menyimak keluhan-keluhan para member KKCc setiap kali menyambangi blog ini, tanpa berpikir panjang dan konsultasi ke para blogger berpengalaman, admin-pun memutuskan untuk berganti URL, Name dan bahkan sampai harus latah berganti template blog.

Tujuannya? Tentulah untuk “standarisasi lidah dan daya ingat” para member dan visitor blog KKCc yang katanya bahwa URL blog ini cukup susah untuk dilafalkan juga susah dihafalkan.


Menganti URL, nama dan Template blog/website bukanlah pekerjaan susah dan berat, bagi pengguna platform Blogger, anda hanya tinggal masuk ke Dashboard >> Setelan >> Dasar, dan disanalah anda dengan mudah melakukan semuanya. Tapi, tahukah anda apa yang terjadi setelah perlakuan admin tehadap URL dan nama blog yang dikelolanya ini? Semua keberhasilan kecil yang telah dibangun dengan kerja cukup keras harus terjungkal bebas ke titik mendekati 0 (untung tidak benar-benar nol). Mungkin disinilah letak titik penyesalan terbesar seorang admin ketika mengelola sebuah blog/website.

DAMPAK MENGGANTI URL dan TITLE BLOG
Sebenarnya usia blog KKCc belum seumur jagung. Ketika masih ber-URL http://klik-kcclub.blogspot.com, data-data rangking yang diraih dari beberapa peranking site dan situs direktori-pun masihlah sangat rendah (Alexa : Page Rank = 2.041.230, Link In = 8; Sitemeter = 421 view; Flagcounter : 3.124 visitors, flag collect = 14; RSS Feed = 68 Readers via feedburner; Pagerank checker = 0/10), content-nya pun masih berjumlah puluhan. Tetapi, jika di ibaratkan manusia, blog KKCc mungkin adalah seseorang yang menempati salah satu rumah baru di sebuah kompleks perumahan dan mulai dikenal oleh penghuni kompleks tersebut, namun seseorang bernama blog KKCc ini harus berpindah rumah lagi ke kompleks yang lain. Tentunya di kompleks baru tersebut dengan susah payah dia harus memperkanalkan diri lagi ke seluruh penghuni kompleks. Sementara di kompleks yang lama, orang-orang yang telah terbiasa bertandang kerumah blog KKCc akan kebingungan mencari alamat rumah barunya.

Usia seumur jagung Inilah yang menjadikan admin cukup bersyukur. Nah, jika seandainya blog KKCc ini adalah blog kawakan yang sudah dilantik oleh om Google, tante Yahoo, mas Bing dan abang-abang search engine yang lain sebagai bagian dari keluarga terdekatnya dan dihadiahi kamar khusus dengan fasilitas premium dirumahnya, kira-kira hal-hal seperti apa yang akan jerjadi? 

Inilah dampak yang timbul dari penggantian URL sebuah blog/website;

1.  Merusak SERP (Search Engine Result Page).
Nama blog yang telah terdaftar di dalam database Sarch Engine perlahan akan hilang dan search engine akan kesulitan menemukan blog kita. Anda bisa mencoba pencarian nama lama blog/website setelah berganti nama, maka pesan yang akan ditampilkan oleh search engine tentulah seperti ini “URL yang anda maksud tidak ditemukan”.

2.  Ranking blog/website menjadi Anjlok
Ranking sebuah blog/website terbangun dari berapa banyak penjelajah dunia maya yang melakukan walking, backlink ke blog/website, mereview, me-link in blog/website yang dikelola. Semakin banyak link yang mengarah ke sebuah blog/website akan semakin mendongkrak ranking blog/website tersebut. Dan tingginya ranking tentunya akan membuat hati pengelola sebuah website/blog menjadi sedikit berbunga-bunga.
Tingginya ranking juga akan sangat berpengaruh terhadap SERP, sehingga search engine yang ada akan memberikan tempat di halaman utama pencariannya (inilah yang admin maksud kamar khusus berfasilitas premium dari search engine). Nah, mengganti URL maupun nama blog/website, maka search engine secara otomatis akan menganggap dan menginformasikan bahwa URL lama tidak ditemukan dari dunia maya. Dan secara otomatis pula URL yang baru tidak akan dikenal, kecuali harus bersusah payah mengenalkannya kembali dan semuanya harus dimulai dari 0.
Di lain pihak, para pengiklan akan lebih doyan memasang iklan di website/blog beranking tinggi, dengan asumsi bahwa blog/website berangking tinggi adalah yang paling banyak pengunjungnya sehingga produk-produk yang diiklankan akan dilihat oleh jutaan pengunjung. Bagi orang-orang yang menjadikan blog/website yang memasang banyak banner iklan sebagai sumber keuangan utama ataupun memanfaatkan blog/website yang dikelolanya untuk mengikuti program monetisasi seperti paid review, paid link atau sejenisnya, tentunya akan mengalami kebangkrutan ketika ranking menjadi anjlok.

3.  Mengakibatkan broken link dibanyak content
Dalam membuat content website/blog, tentunya anda akan selalu menyisipkan backlink ke bagian-bagiannya, dimana backlink tersebut akan melink kembali URL blog/website yang dikelola ketika diklik oleh para visitor.
Menggati URL blog/website tidaklah secara otomatis akan mengubah arah backlink-backlink tersebut, sehingga akan membuat link-link tersebut menjadi error. Sebabnya? Link tidak menemukan URL lama yang menjadi tautannya, karena URL lama akan menghilang.
Penyesuaian kembali arah/tautan link inilah pekerjaan paling berat seorang admin pasca penggatian URL blog/website. Bayangkan, jika anda mengelola sebuah blog dengan ratusan content yang telah dimuat. Anda harus membuka content tersebut satu per satu dan merubah arah link-link yang terkandung di dalammya. Apalagi bagi seorang yang gemar melakukan link exchange, tentulah dia harus bekerja keras untuk mengirimkan informasi tentang URL baru dari blog/website yang dikelolanya ke puluhan bahkan ratusan website/blog lain yang telah terlanjur memasang link lama URL blog/website tersebut. Sangat berat bukan?
Sampai saat ini admin blog KKCc belum menemukan sebuah tools yang secara otomatis bekerja untuk menyesuaikan kembali arah dari link-link error tersebut.

Itulah berbagai dampak dari penggantian URL blog/website yang kini di alami oleh blog KKCc.
Saran dari Admin Blog KKCc sebelum melakukan penggantian URL blog;
  1. Ketika merancang sebuah blog/website, rencanakan matang-matang penamaannya sebelum di publish. Usahakan untuk menggunakan nama yang cukup familiar, mudah dilafalkan dan dihafalkan, agar tidak timbul kritikan susahnya melafalkan nama dari para visitor dan follower blog/website anda di kemudian hari.
  2. Sebelum mempublish rancangan blog/website anda, Carilah review perbandingan platform-platform untuk hosting blog/website anda, kemudian pilih yang terbaik menurut survey pengguna berpengalaman, sebab ketika anda terlanjur menggunakan platform terntentu, adakalanya anda merasa tidak puas dengan kelengkapan layanannya, sehingga membuat anda berniat untuk harus migrasi ke platform lain. Ingat!, migrasi ke platform lain akan membuat semuanya harus dimulai kembali dari titik 0.
  3. Kalaupun anda terlanjur menggunakan URL yang sedikit mengundang kritikan, berpikir dua kalilah untuk melakukan penggantian nama dan carilah alasan yang mudah diterima akal visitor kenapa sampai anda menggunakan nama/URL yang susah, agar waktu anda tidak terbuang untuk melakukan maintenance yang sangat berat.
  4. Kalaupun lagi, anda telah terlanjur mengganti URL/nama blog/website anda, maka langkah-langkah untuk mengatasi ke-3 dampak berat di atas adalah :
  • Edit identitas blog/website anda pada site-site direktori yang pernah anda daftar sebelumnya. Misalnya, technorati, blog catalog, blogtoplist, dan sebagainya.
  • Edit Feed URL blog/website anda jika sebelumnya anda telah menggunakan layanan RSS feed.
  • Submit kembali URL dan Nama blog/website anda pada webmaster maupun search engine seperti Google, Yahoo, Bing, dll.
  • Ganti link tautan pada content-content website/blog anda dengan URL/nama baru.
  • Jika anda pernah melakukan link exchange dengan blogger lain maka beritahu mereka untuk segera mengganti link dengan URL anda yang baru, ganti juga URL pada link dan banner exchange anda.

Berbagi pengalaman dikala menderita memang terasa cukup romantis. Semoga penyesalan admin blog KKCc tergambarkan kepada para visitor dan terutama member KKCc yang belum mengalami kerumitan seperti di atas.
Walhasil, kini blog KKCc ber-URL http://kkcc-page.blogspot.com dengan nama “KKCc MTsN Tinambung Page”. Dan disela berkutat dengan penyempurnaan dan penyeseuaian kembali content-content blog yang error, admin menyempatkan diri untuk menulis artikel ini.
Dalam sepekan pasca penggantian URL dan Name blog KKCc, menurut survey yang dilakukan admin terhadap para member KKCc, 100% member berkomentar bahwa identitas baru tersebut lebih enak di lidah, di hati, di pikiran dan lebih lincah digosipkan......lah? menggelikan.
Puji Syukur kepada Allah SWT terhadap hasil survey kecil-kecilan ini. Walaupun dengan tertatih harus melangkah kembali dari belakang.
Salam KKCc.....semoga membantu.


Terima kasih telah mengunjungi KKCc Page dengan judul posting KISAH KLASIK: MENGGANTI NAMA DAN URL BLOG/WEBSITE. Jika ada saran maupun kritikan tentang posting KISAH KLASIK: MENGGANTI NAMA DAN URL BLOG/WEBSITE ini, silahkan meninggalkan komentar dan tanggapan anda pada kotak komentar di bawah. Semoga posting KISAH KLASIK: MENGGANTI NAMA DAN URL BLOG/WEBSITE ini bermanfaat untuk anda dan "salam KKCc".

2 komentar:

  1. kayakx abis renovasi rumahx gan,.samkin bagus dan mantapz.. emang kalo gnti URL blog akan berpengaruh pada SERP Google gan, semua posting akan terlempar jauh kebelakang dihalaman pencarian gugel,. tapi akan lebih baik sbelum terlanjur banyak posting baru pengen merubah..
    selamat berbenah gan, pengalaman adalah pelajaran yg sangat berharga,. salam bloger

    BalasHapus
  2. Iya nih gan, masih berantakan disana sini. Untung juga kami dengan cepat menemukan nama URL yang lebih cocok untuk blog ini. salam balik gan

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan anda, silahkan meninggalkan komentar dengan bijak dan sopan. Saran dan kritik yang membangun dari anda sangat berarti bagi kami. Salam KKCc....

e-book


Download e-book ini?
Klik gambar cover

Review Buku

Review Buku
Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Popular Post

Subscribe Feed via Email

 Subscribe in a reader

Daftarkan alamat email anda untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami. Dan jangan lupa untuk mengonfirmasi LINK yang dikirimkan ke alamat email tersebut agar bisa teraktifasi.

Masukkan alamat email anda:

Subscribe to KKCc MTsN Tinambung Blog by Email

Archives

Fav Site