TUTORIAL: Langkah-Langkah Membuat Blog ber-Platform .blogspot.com

Review http://kkcc-page.blogspot.com on alexa.com

Sobat KKCc, bagi anda yang telah membaca postingan artikel di Blog KKCc berjudul Perbandingan dua Platform Blog terbesar (Blogger vs WordPress), mungkin anda akan menemukan alasan kenapa anda tertarik membuat blog ber-platform dot blogspot dot com dan kenapa pula anda tertarik membuat blog ber-platform dot wordpress dot com.
Salah satu penyedia blog gratis yang cukup populer saat ini adalah blogspot atau blogger, dimana ketika mendaftar adalah melalui situs blogger.com namun nama domain yang akan anda dapatkan adalah sub domain dari blogspot, contoh: lesangmagiring-giring.blogspot.com

Nah....bagi anda yang ingin membuat blog di Blogger, silahkan simak tutorial singkatnya di bawah ini;

Pertama yang harus anda lakukan adalah Membuat email. 
Salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam membuat blog adalah anda memiliki alamat email yang masih aktif di gunakan. Jika anda belum mempunyai alamat email, silahkan daftar terlebih dahulu di gmail karena blogger adalah salah satu layanan dari Google maka ketika mendaftar ke blogger anda harus menggunakan akun gmail (kenapa harus? Itulah Google, anda harus ber-akun gmail jika anda ingin memanfaatkan setiap layanannya). Jika anda belum paham bagaimana cara membuat email, silahkan simak tutorialnya pada postingan CARA MEMBUATEMAIL DI GOOGLE MAIL (gmail.com).

Selanjutnya setelah memiliki akun gmail, bukalah http://www.blogger.com.
Setelah halaman pendaftaran terbuka, alihkan perhatian ke sebelah kanan bawah, ubah bahasa ke Indonesia agar lebih mudah dipahami.



Silahkan langsung masuk/login dengan menggunakan username/nama pengguna serta password/sandi gmail anda yang telah anda buat sebelumnya (akun email anda bisa untuk login ke blogger).



Selanjutnya laman yang tampil adalah seperti pada gambar di bawah. Perlu anda ketahui, bahwa ketika anda membaca tutorial yang lain tentang membuat blog di blogger mungkin anda akan dipandu untuk mengisi form registrasi blog. Tapi saat ini, ketika Admin KKCc blog mencoba untuk membuat sebuah blog lain, ternyata form registrasi tersebut telah dihilangkan. 




Nah, pada laman yang tampil cari dan kliklah tombol Lanjutkan ke Blogger. 
Laman selanjutnya anda akan disuguhi bagian tampilan seperti gambar berikut;


Klik tombol Blog Baru untuk membuat blog, dan pada jendela yang muncul, isi kotak isian dengan cara di bawah ini;
  • Judul; Isi dengan judul blog yang di inginkan, Mislanya Blog Contoh Saja
  • Alamat; isi dengan alamat blog yang di inginkan. Ingat! Alamat ini tidak dapat di edit kembali setelah dibuat, apabila anda ingin serius, maka pilihlah nama yang benar-benar anda inginkan. Kemudian jika tanda centang di sebelah kanan kotak isian alamat masih bertanda kali, itu berati blogger tidak menerima nama alamat yang anda isikan, kemungkinan ada alamat blog lain yang persis sama dengan yang anda isikan.
  • Template/Themes; pilih template (tampilan blog) yang disukai (ini dapat diganti kembali).
  • Lanjutkan dengan klik tombol “Buat blog!“.
 

Sampai disini, anda telah selesai membuat blog.

Untuk menghindari spam, sebaiknya anda langsung membuat postingan tentang apa saja. Klik tulisan “Mulai mengeposkan“.




Isi judul artikel sesuai dengan isi artikel, dan akhiri dengan meng-klik tombol Publikasikan untuk menerbitkan postingan anda.



 
Seanjutnya cari dan klik tombol Lihat Blog, untuk melihat tampilan blog anda.
Kini blog anda telah tercipta dan dapat di buka di berbagai belahan dunia. Umumkan pada teman-teman anda bahwa anda kini telah mempunyai blog.

Langkah selanjutnya, lengkapilah pernak-pernik blog anda dengan widget-widget dan adsense agar sesuai dengan tuntutan SEO. Caranya? Melanglang buanalah ke belantara maya untuk mencari berbagai macam tutorial dan Tips Tricks blog dengan blogger. Beberapa diantara Tips & Trick blog tersebut dapat anda temukan disini.
Dengan begitu, anda akan semakin mumpuni di dunia per-blog-an, blog anda akan semakin kebanjiran pengunjung, dan siapa tahu mata pencaharian utama anda beberapa waktu mendatang berasal dari blog yang baru saja anda buat....:)

Semoga tutorial ini bermanfaat, Salam KKCc.


Terima kasih telah mengunjungi KKCc Page dengan judul posting TUTORIAL: Langkah-Langkah Membuat Blog ber-Platform .blogspot.com. Jika ada saran maupun kritikan tentang posting TUTORIAL: Langkah-Langkah Membuat Blog ber-Platform .blogspot.com ini, silahkan meninggalkan komentar dan tanggapan anda pada kotak komentar di bawah. Semoga posting TUTORIAL: Langkah-Langkah Membuat Blog ber-Platform .blogspot.com ini bermanfaat untuk anda dan "salam KKCc".

2 komentar:

  1. yang mau download game dragonball movie, di sinii aje yeee,..
    http://dragonsaiyans.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. ow.....nice post. ya deh, ntar gue mampir

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan anda, silahkan meninggalkan komentar dengan bijak dan sopan. Saran dan kritik yang membangun dari anda sangat berarti bagi kami. Salam KKCc....

e-book


Download e-book ini?
Klik gambar cover

Review Buku

Review Buku
Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Popular Post

Subscribe Feed via Email

 Subscribe in a reader

Daftarkan alamat email anda untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami. Dan jangan lupa untuk mengonfirmasi LINK yang dikirimkan ke alamat email tersebut agar bisa teraktifasi.

Masukkan alamat email anda:

Subscribe to KKCc MTsN Tinambung Blog by Email

Archives

Fav Site