Komputer Dasar : TENTANG ILMU KOMPUTER

Review http://kkcc-page.blogspot.com on alexa.com


Materi Bimbingan Konsep Teknik dan Dasar Komputer (KTDK)

Komputer digunakan oleh manusia dengan cara mempelajari  ilmu yang berhubungan dengan komputer itu sendiri. Seiring dengan perkembangan ilmu komputer, dewasa ini banyak sekali peneliti yang mencoba membuat kajian untuk menemukan bentuk pendefinisian yang lebih tepat terhadap Ilmu Komputer.


Ilmu komputer secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisa abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, dan perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware).

Ilmu komputer mempelajari apa yang bisa dilakukan oleh beberapa program melalui bahasa pemrograman (dalam hal ini sering disebut dengan bahasa mesin) dan apa yang tidak (komputabilitas dan intelegensia buatan), bagaimana program itu harus mengevaluasi suatu hasil (algoritma), bagaimana program harus menyimpan dan mengambil bit tertentu dari suatu informasi (struktur data), dan bagaimana program dan pengguna berkomunikasi (antarmuka pengguna dan bahasa pemrograman).
Ilmu komputer berakar dari elektronika, matematika dan linguistik.

Dalam tiga dekade terakhir dari abad 20, ilmu komputer telah menjadi suatu disiplin ilmu baru dan telah mengembangkan metode dan istilah sendiri.

CSAB (Computing Sciences Accreditation Board) membuat definisi menarik tentang Ilmu Komputer:
Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan komputer dan komputasi. Di dalamnya terdapat teoritis, eksperimen, dan pendesainan komponen, serta termasuk di dalamnya hal-hal yang berhubungan dengan:
  • Teori-teori untuk memahami sistem komputer (perngkat-perangkat pembangun dan bahasa pemrograman)
  • Eksperimen untuk pengembangan dan pengetesan konsep komputer
  • Metodologi desain, algoritma, dan tool untuk merealisasikannya
  • Metode analisis untuk melakukan pembuktian bahwa realisasi sudah sesuai dengan persyaratan yang diminta.

Beberapa definisi lain yang lebih abstrak seperti:

Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang representasi pengetahuan tentang komputer dan implementasinya. Sedangkan definisi lain Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang abstraksi dan bagaimana mengendalikan kompleksitas sebuah komputer.
Peter J. Denning mendefinisikan Ilmu Komputer dalam makalahnya yang cukup terkenal tentang disiplin ilmu komputer. Makalah ini adalah laporan akhir dari proyek dan task force tentang The Core of Computer Science  yang dibentuk oleh dua masyarakat ilmiah terbesar bidang komputer, yaitu ACM dan IEEE Computer Society. Ia mendefinisikan bahwa:

Ilmu Komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik yang menjelaskan dan mentransformasikan informasi, baik itu berhubungan dengan teori-teori, anlisis, desain, efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya.

Denning juga mengklasifikasikan bidang ilmu komputer yang terbagi dalam 12 sub bidang, yaitu:
  1. Algoritma dan Struktur Data
  2. Arsitektur perangkat lunak dan keras
  3. Rekayasa Perangkat Luunak
  4. Artificial Intelligence dan Robotic
  5. Interaksi Manusia dengan Komputer
  6. Organisasi Komputer
  7. Bahasa Pemrograman
  8. Sistem Operasi dan Jaringan Koputer
  9. Database dan Sistem Retrieval  Informasi
  10. Grafika Komputer
  11. Ilmu Komputasi
  12. Bio Informatika

Denning memberi catatan khusus untuk bidang Bio Informatika sebagai bidang baru yang merupakan gabungan antara ilmu komputer dan biologi, dan saat ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Karena kecanggihan teknologi komputer terus berkembang, maka dari 12 sub bidang di atas dimungkinkan terus bertambah.

Ilmuwan Edsger Dijkstra mendefenisikan bahwa Ilmu komputer bukanlah tentang komputer sebagaimana astronomi bukan tentang teleskop.
Ilmuwan lain melengkapi defenisi tersebut bahwa ilmu komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang komputasi, hardware, software, cara menginteraksikan ketiganya dengan manusia sehingga lahirlah sistem yang salah satu diantaranya adalah komputer itu sendiri.

Fisikawan Richard Feynman mengemukakan bahwa Ilmu komputer umurnya tidak setua fisika; lebih muda beberapa ratus tahun. Walaupun begitu, ini tidak berarti bahwa “hidangan” ilmuwan komputer jauh lebih sedikit dibanding fisikawan. Memang lebih muda, tapi dibesarkan secara jauh lebih intensif.

Disadur dari materi mata kuliah Konsep Teknik dan Dasar Komputer (KTDK)
Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Veteran R.I Makassar
Terima kasih telah mengunjungi KKCc Page dengan judul posting Komputer Dasar : TENTANG ILMU KOMPUTER. Jika ada saran maupun kritikan tentang posting Komputer Dasar : TENTANG ILMU KOMPUTER ini, silahkan meninggalkan komentar dan tanggapan anda pada kotak komentar di bawah. Semoga posting Komputer Dasar : TENTANG ILMU KOMPUTER ini bermanfaat untuk anda dan "salam KKCc".

0 komentar:

e-book


Download e-book ini?
Klik gambar cover

Review Buku

Review Buku
Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Popular Post

Subscribe Feed via Email

 Subscribe in a reader

Daftarkan alamat email anda untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami. Dan jangan lupa untuk mengonfirmasi LINK yang dikirimkan ke alamat email tersebut agar bisa teraktifasi.

Masukkan alamat email anda:

Subscribe to KKCc MTsN Tinambung Blog by Email

Archives

Fav Site